BIMTEK DAN ORIENTASI LAPANGAN PERKOPERASIAN DALAM RANGKA PERKUATAN KELEMBAGAAN POKMAS DI WILAYAH PES

Keterangan Gambar : Ibu Sri Darwati, SE (Sekretaris Dinas) menyampaikan tentang Jatidiri Koperasi


Demak, Dalam rangka penguatan kelembagaan kelompok masyarakat d iwilayah pesisir, khususnya kelompok masyarakat petani garam yang ada di Kabupaten Demak. Dinas Koperasi Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah Provinsi Jawa Tengah dan Dinas Perdagangan, Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah Kabupaten Demak menyelenggarakan Kegiatan Penguatan Kelembagaan Pokmas di Wilayah Pesisir Pantai. Kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 22 s/d 26 Juli 2019 dengan peserta sebanyak 30 Orang. Pada tanggal 22 Juli 2019 bertempat di Hotel Amanatis Demak diselenggarakan bimtek tentang perkoperasian yang dibuka oleh Dra. Siti Zuarin, MM selaku Kepala Dinas Perdagangan, Koperasi, UKM Kab. Demak.

 

Dalam Sambutannya Ibu Dra. Siti Zuarin, MM selaku Kepala Dindagkop UKM Kabupaten Demak menyampaikan tentang kebijakan pengembangan koperasi dan UKM yang ada di Kabupaten Demak sehingga memunculkan produsen-produsen garam yang tangguh dan mandiri berbasis koperasi sehingga dapat menjaga kesinambungan harga jual garam. 

Bimtek perkoperasian dalam rangka perkuatan kelembagaan pokmas diisi dengan beberapa materi antara lain : kebijakan pengembangan koperasi dan UKM Kabupaten Demak, Tata cara pendirian koperasi, tata cara penyusunan AD/ART Koperasi, penyusunan laporan keuangan koperasi, administrasi pembukuan sederhana, jati diri koperasi, sukses story koperasi dan manajemen keuangan. Dalam bintek tersebut menghadirkan para pemateri dari DINDAGKOP UKM Kab. Demak dan para praktisi koperasi yang ada di Kabupaten Demak. diantaranya, Bapak Supriyadi, SH. MH pakar koperasi dari KSP KUD Mintorogo.

Untuk memantapkan kelembagaan koperasi dilanjutkan dengan Orientasi lapangan pada tanggal 24 s/d 26 ke Koperasi Berkah Garam Utama Pati kemudian dilanjutkan ke KSU Guyub Rukun dan koperasi Garam Sari Makmur Kabupaten Rembang. harapanya, dalam kegiatan ini peserta dapat mengamati, meniru dan berinovasi tentang produk-produk yang dihasilkan petani garam baik dari segi manajemen maupun pengolahannya.

Facebook Comments

0 Komentar

TULIS KOMENTAR

Alamat email anda aman dan tidak akan dipublikasikan.

Dinas Perdagangan Koperasi dan UKM Kabupaten Demak

Dinas Perdagangan Koperasi dan UKM Kabupaten Demak
Pegawai Dindagkop UKM Kab. Demak

BANNER

UMKM Demak Go On LineSILAKOPPemerintah Kabupaten DemakPPID Kabupaten DemkaNomor Induk KoperasiInstagramFacebookTwitter

POLLING

Apakah kendala utama yang dihadapi UMKM?
  Pemasaran
  Pelatihan
  Peralatan Produksi
  Permodalan