BANTUAN SOSIAL TERDAMPAK COVID-19 BAGI UMKM (MAKANAN DAN MINUMAN) KABUPATEN DEMAK

Minggu – Dalam rangka membantu ekonomi daerah yang terdampak COVID-19, Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Jawa Tengah berkerjasama dengan Dinas Perdagangan Koperasi dan UKM Kabupaten Demak memberikan bantuan sosial yang dikemas dalam beberapa bahan baku produksi seperti tepung, gula, telur dan minyak goreng / mentega yang diserahkan langsung kepada pelaku UMKM di sekitar kabupaten Demak. Kegiatan pendampingan bantuan sosialpun dilakukan  pada hari Rabu - jum’at (6,7, dan 8 Mei 2020) di Kantor DINDAGKOP UKM Kab.Demak.

Langkah awal yang dilakukan untuk mendapatkan bantuan adalah mengisi terlebih dahulu link yang disediakan Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Provinsi Jawa Tengah (https://dinkop-umkm.jatengprov.go.id/dampakcovid/pemetaan/umkm), selanjutnya pengisian form rekomendasi calon penerima bantuan dan kelengkapan berkas nya (Fc KTP,Izin Usaha Mikro Kecil (IUMK) dan SKU (Surat Keterangan Usaha) atau perijinan usaha lainnya). Hal-hal tersebut lah yang akan di verifikasi dari pihak DISKOP UKM Provinsi Jawa Tengah mengenai pelaku UMKM lolos mendapatkan bantuan tersebut apa tidaknya. Dalam hal ini untuk pelaku UMKM di Kabupaten Demak bisa mendapatkan pendampingan dalam pengisian form dan link tersebut dengan datang langsung ke kantor DINDAGKOP UKM Kab. Demak. Sebagai pertimbangan pula, Bantuan diberikan kepada pelaku UMKM yang sebelumnya ini tidak menerima bantuan apapun dari pemerintah pusat seperti bantuan jaring pengaman ekonomi dan sebagainya.

Bantuan tersebut nantinya diharapkan dapat membantu para UMKM untuk dapat menjalankan produksinya kembali setelah berhenti berproduksi dan memasarkan produknya karena dampak COVID-19 ini dan mengakibatkan penurunan omset yang berkurang jauh dari sebelumnya. Bantuan ini diharapkan tepat sasaran yang ditujukkan kepada para UMKM terdampak dan bersedia melaporkan hasil perkembangan usaha setelah menerima bantuan sosial tersebut secara rutin kepada dinas setempat.

Facebook Comments

0 Komentar

TULIS KOMENTAR

Alamat email anda aman dan tidak akan dipublikasikan.

Dinas Perdagangan Koperasi dan UKM Kabupaten Demak

Dinas Perdagangan Koperasi dan UKM Kabupaten Demak
Pegawai Dindagkop UKM Kab. Demak

BANNER

UMKM Demak Go On LineSILAKOPPemerintah Kabupaten DemakPPID Kabupaten DemkaNomor Induk KoperasiInstagramFacebookSP4NLAPOR

POLLING

Apakah kendala utama yang dihadapi UMKM?
  Pemasaran
  Pelatihan
  Peralatan Produksi
  Permodalan