Kegiatan Pelatihan Peningkatan SDM Pelaku Usaha Makanan Dan Minuman (Dak) Tahun Anggaran 2019

Keterangan Gambar : Ibu Kadinas Dindagkop UKM Kab .Demak


 

                Demak – Dalam rangka Pelatihan peningkatan SDM pelaku usaha makanan dan minuman yang berlangsung pada tanggal 10 s/d 13 September 2019 di aula DINDAGKOP Kabupaten Demak, sasaran utama dalam kegiatan ini adalah para pengusaha baru yang sedang mengembangkan usaha dalam memudahkan proses pembukuan disetiap pemasukan dan pengeluaran kegiatan produksi. Pelatihan tersebut dibuka secara langsung oleh sekretaris Dinas Kabupaten Demak Ibu Sri Darwati, SE, Bapak Sunarto,SE.MM Selaku kepala Kasi UKM dan narasumber Bapak Edi Susanto,SE.M.Si dari Akuntan Semarang .

              Dalam pembukan tersebut, Ibu Sri Darwati,SE menyampaikan beberapa hal yang diharapkan dari para peserta pelaku usaha ini dapat meningkatan produksi dan meningkatkan kualitas. Selain itu, para pelaku usaha dituntut untuk memiliki SDM yang unggul, keterampilan dan ketertiban adminstrasi dalam proses masa produksi yakni pemasukan maupun pengeluaran yang dibutuhkan. Ibu SekDin juga menyampaikan para peserta pelatihan dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat sekitar usaha di desa masing – masing pengusaha. Pelatihan ini para pengusaha diajarkan beberapa materi yaitu akuntansi dasar. Materi tersebut disampaikan langsung oleh bapak Edi Susanto.SE,M.Si selaku narasumber. Dalam materi akuntansi dasar tersebut, dapat pengusaha dapat menghitung segala sesuatu keadaan dalam usaha mereka yang sudah berjalan seperti peningkatan omset, kapasitas dan volume usaha dalam beberapa bulan atau per tahunnya. Selain peningkatan omset dan lainnya, pembukuan juga dapat memudahkan pengusaha dalam memasarkan produknya ke beberapa E-Commerce untuk memperluas usahanya.

 

Setelah pembukuan, diharapkan pengusaha baru ini dapat mengembangkan usaha dan meningkatkan hasil produksi serta memperluas jaringan pemasaran pada era revolusi industri 4.0 sekarang. Selain pembukuan, ada beberapa materi yang disampaikan oleh para peserta yakni pemasaran online dan packaging yang disampaikan oleh narasumber. Tujuannya adalah mempermudah para pengusaha dalam mengembangkan usaha mereka dan menarik perhatian masyarakat untuk mengenal produk mereka dengan packaging yang mudah dan menarik dikenal masyarakat luas.

             Selain packinging DINDAGKOP juga mengundang narasumber dari google bussines dari semarang untuk memperluas pemasaran pengusaha baru ini. Google bussines memapaparkan beberapa hal tentang google bussines yakni dengan mendaftarkan produk peserta di google agar mudah dicari dan dipromosikan oleh Google Maps. Mendapat Review tentang Bisnis Anda oleh banyak orang, serta menjadi strategi marketing yang efektif dan memiliki kekuatan besar untuk mempengaruhi calon konsumen. Materi selanjutnya adalah packaging yang di design semenarik mungkin dan mudah diingat bagi konsumen untuk serta mejadikan identitas dari produk dengan tagline yang menarik. Proses ini sangat menentukkan bagi pengusaha baru untuk meningkatkan minat dalam membeli barang dan mempromosikan keberbagai kalangan untuk membeli produk tersebut. Packaging ini juga menjadikan proses yang penting dalam produksi karena packaging mencegah produk yang dihasilkan dapat bertahan lama atau tidak, setrilisasi produk dan bahan makanan.

Facebook Comments

0 Komentar

TULIS KOMENTAR

Alamat email anda aman dan tidak akan dipublikasikan.

Dinas Perdagangan Koperasi dan UKM Kabupaten Demak

Dinas Perdagangan Koperasi dan UKM Kabupaten Demak
KEPALA DINDAGKOP UKM KAB. DEMAK

BANNER

UMKM Demak Go On LineSILAKOPPemerintah Kabupaten DemakPPID Kabupaten DemkaNomor Induk KoperasiInstagramFacebookSP4NLAPOR

POLLING

Apakah kendala utama yang dihadapi UMKM?
  Pemasaran
  Pelatihan
  Peralatan Produksi
  Permodalan