SOSIALISAI PENILAIAN EKSPORTIR TANGGUH TAHUN 2020 DI DISPERINDAG PROV JATENG

DINDAGKOP UKM Kabupaten Demak mengikuti kegiatan sosialisasi penilaian eksportir tangguh tahun 2020 di Disperindag Prov Jateng Kamis 27 Feb 2020. Kegiatan ini di ikuti oleh Dinas Perdagangan Se Jawa Tengah yang masing-masing instansi diwakili oleh 2 orang peserta dan 7 perusahaan ekspor. Acara di buka oleh Bapak Sigit Adi Brata SE, MM Sekretaris Disperindag Prov Jateng. Dalam kegiatan tersebut ada tiga narasumber yaitu Bapak Ir. Bernandus Arwin selaku Kadin Disperindag Prov Jateng, Galih Pujo Asmoro dari Wartawan Tribun Jateng, Idris SE, MSI dari Undip. Bapak Ir. Bernandus Arwin menyampaikan materi tentang manfaat program eksportir tangguh. Manfaat dari program eksportir tangguh yang beliau sampaikan adalah sebagai indikator pertumbuhan perusahaan/industri yang berpotensi, meningkatkan kepercayaan relasi / international buyer terhadap perusahaan eksportir dan Sebagai benchmark (Soko Guru) untuk pembinaan &  pengembangan industri sejenis di Jawa Tengah bagi  Pemerintah Daerah. (Memudahkan pemda dalam  Pengenalan Karakter, jenis, dan potensi industri di  daerahnya). Tujuannya ialah Meningkatkan daya saing industri di Jawa Tengah terhadap  daerah lain, dan sebagai Upaya perkuatan terhadap eksportir tangguh pilihan di provinsi  Jawa Tengah.

Bapak Galih Pujo Asmoro dari wartawan tribun jateng menyampaikan bahwa dengan adanya program eksportir tangguh ini bisa sebagai branding dari perusahaan ekspor, seperti mempopulerkan produk dan merek perusahaan. Sedangkan narasumber ketiga yaitu Bapak Idris SE, MSI menyampaikan tentang penialian eksportir tangguh bagi perusahaan ekspor. Ada beberapa kriteria yang harus dipenuhi perusahaan ekspor yaitu Memiliki legalitas lengkap, Produk ekspor bernilai tambah berbasis sumber daya lokal, Produk ekspor minimal tiga tahun terakhir secara berturut-turut, Memiliki nilai ekspor >  dari impornya (bila menggunakan bahan baku impor), Berkemampuan melakukan penetrasi  yang didukung  oleh riset pasar dan Berdampak positif terhadap penyerapan tenaga kerja. Harapannya perusahaan ekspor nantinya akan lebih banyak perusahaan ekspor di Jawa Tengah dan berdaya saing tinggi dalam meningkatkan kinerja ekspornya sehingga dapat masuk ke pasar internasional.

Facebook Comments

0 Komentar

TULIS KOMENTAR

Alamat email anda aman dan tidak akan dipublikasikan.

Dinas Perdagangan Koperasi dan UKM Kabupaten Demak

Dinas Perdagangan Koperasi dan UKM Kabupaten Demak
KEPALA DINDAGKOP UKM KAB. DEMAK

BANNER

UMKM Demak Go On LineSILAKOPPemerintah Kabupaten DemakPPID Kabupaten DemkaNomor Induk KoperasiInstagramFacebookSP4NLAPOR

POLLING

Apakah kendala utama yang dihadapi UMKM?
  Pemasaran
  Pelatihan
  Peralatan Produksi
  Permodalan