PELATIHAN PENINGKATAN SDM BAGI PENGELOLA KOPERASI BERBASIS KOMPETENSI ANGKATAN 2

Keterangan Gambar : Pembukaan Kegiatan Pelatihan Peningkatan SDM bagi Pengelola Koperasi berbasis Kompetensi


Sumber Daya Manusia (SDM) merupakan asset yang tak ternilai bagi setiap pengelola maupun pengurus koperasi, Pengelolaan Koperasi harus sesuai dengan aturan dan petunjuk teknis yang ditetapkan oleh pemerintah. Agar koperasi sesuai dengan perundang-undangan maka dibutuhkan kompetensi yang sesuai dengan bidangnya. Dinas Perdagangan, Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah Kabupaten Demak selaku pembina koperasi berupaya untuk selalu meningkatkan kompetensi SDM Pengurus maupun pengelola dengan menyelenggarkan Pelatihan Peningkatan SDM bagi Pengelola Koperasi berbasis Kompetensi Tahun Anggaran 2019.

Pelatihan Peningkatan SDM bagi Pengelola Koperasi Berbasis Kompetensi Angkatan ke 2 dilaksanakan di Aula Dinas Perdagangan Koperasi dan UKM Kabupaten Demak pada tanggal 7 s/d 8 Agustus 2019 Kegiatan Pelatihan Peningkatan SDM bagi Pengelola Koperasi berbasis Kompetensi di buka oleh Sekretaris Dinas Perdagangan, Koperasi dan UKM Kabupaten Demak Ibu Sri Darwati SE, dengan Narasumber dari LDP (Lembaga Diklat Profesi) CENDIKIA dan Peserta baru sejumlah 35 Orang.

Maksud dan tujuan dari Pelatihan Peningkatan SDM Bagi Pengelola Koperasi Berbasis Kompetensi yaitu :

  1. Memahami dengan jelas pengertian, nilai-nilai dan prinsip koperasi
  2. Terampil dalam menyikapi kasus-kasus dalam kehidupan nyata perkoperasian
  3. Mengenal struktur, fungsi dan tugas setiap perangkat organisasi koperasi
  4. Memahami hakekat usaha koperasi
  5. Menemukan kiat-kiat berwirausaha dengan baik
  6. Memahami cara-cara menganalisa masalah usahanya
  7. Terampil dalam membuat rencana anggaran, membuat dan membaca laporan keuangan koperasi
  8. Untuk mengembangkan keahlian sehingga pekerjaan dapat diselesaikan dengan lebih cepat dan efektif
  9. Untuk mengembangkan pengetahuan sehingga pekerjaan dapat diselesaikan secara rasional
  10. Untuk mengembangkan sikap sehingga menimbulkan kemauan kerjasama dalam melakukan kemitraan.

Materi yang disampaikan diantaranya adalah :

  1. Memberikan Motivasi dimana Permasalahan peningkatan produktivitas kerja erat kaitannya dengan permasalahan bagaimana memotivasi karyawan, bagaimana pengawasan dilakukan, dan bagaimana cara mengembangkan budaya kerja yang efektif serta bagaimana menciptakan lingkungan kerja yang nyaman dan kondusif, agar karyawan dapat dan mau bekerja optimal dan sehingga dapat mendukung pencapaian tujuan KSP. Apabila semua pihak punya motivasi mengembangkan koperasi, maka koperasi dan anggota akan tumbuh berkembang.
  2. Melaksanakan Pengendalian Intern dengan tujuan untuk memastikan apakah Pelaksanaan sudah mentaati semua prosedur yang ada dengan benar, Prosedur yang ada telah menjamin efisiensi, Semua transaksi telah dicatat dengan benar, Laporan Keuangan telah disusun dengan benar.
  3. Penilaian Kesehatan Koperasi Simpan Pinjam agar terwujudnya pengelolaan KSP dan USP Koperasi yang sehat dan sesuai ketentuan peraturan  perundang-undangan.
  4. Melakukan Kemitraan.
  5. Melakukan Negosiasi adanya Proses berunding dari dua atau lebih, yang masing-masing memiliki sumber daya yang dibutuhkan pihak lawannya untuk menemukan kesepakatan dalam pertukaran sumber daya tersebut.

Menyajikan Presentasi sebagai alat komunikasi tangguh dalam usaha untuk menyampaikan laporan atau keterangan mengenai apa saja yang merupakan tanggung jawab seseorang, baik itu merupakan barang ataupun jasa

Facebook Comments

0 Komentar

TULIS KOMENTAR

Alamat email anda aman dan tidak akan dipublikasikan.

Dinas Perdagangan Koperasi dan UKM Kabupaten Demak

Dinas Perdagangan Koperasi dan UKM Kabupaten Demak
Karyawan Karyawati Dindagkop UKM Kab. Demak

BANNER

UMKM Demak Go On LineSILAKOPPemerintah Kabupaten DemakPPID Kabupaten DemkaNomor Induk Koperasi

POLLING

Apakah kendala utama yang dihadapi UMKM?
  Pemasaran
  Pelatihan
  Peralatan Produksi
  Permodalan