Menuju Pasar Tertib Ukur 2019

Keterangan Gambar : Staf Pegawai Metrologi Legal


Demak - Dinas Perdagangan, Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah Kabupaten Demak menargetkan untuk tahun 2019 terbentuknya 2 (dua) Pasar Tertib Ukur (PTU) yaitu pasar Gebang di Kecamatan Bonang dan pasar Gablok di Kecamatan Karangawen. Tahapan pembentukan Pasar Tertib Ukur (PTU)  dimulai dari sosialisasi yang dilaksanakan oleh Unit Metrologi Legal Kebupaten Demak. Setelah dilakukan sosialisasi tentang pembentukan Pasar Tertib Ukur (PTU), antusias pedagang untuk melakukan tera ulang meningkat.  Kegiatan Pasar Tertib Ukur terdiri dari:

  1. Sensus/ Pendataan terhadap UTTP yang digunakan di Pasar Gebang dan Pasar Gablok guna memastikan seluruh UTTP dapat teridentifikasi dengan baik.
  2. Bimbingan teknis kepada pemilik/pengguna UTTP dan Pengelola pasar untuk memberikan pemahaman tentang pentingnya pemberian jaminan kebenaran hasil pengukuran dan transaksi perdagangan.
  3. Pelayanan tera/ tera ulang yang dilakukan oleh UPTD Metrologi Legal .
  4. Reparasi/Perbaikan UTTP agar dapat memenuhi persyaratan teknis yang berlaku dan dapat digunakan kembali sebagai alat untuk melakukan transaksi perdagangan.

    Kepala UPTD mengatakan sensus dilakukan untuk memperoleh data dan informasi dari pemilik/ pengguna UTTP seperti spesifikasi teknis UTTP ( tipe, akurasi, kelas dan kapasitas). Legalitas yang meliputi UTTP bertanda batal, tidak bertanda tera sah yang berlaku, atau tidak disertai surat keterangan pengesahan yang berlaku untuk UTTP yang tidak dapat dibubuhi tanda sah. Pelayanan tera/tera ulang dilakukan oleh Pegawai Berhak di UPTD Metrologi Legal setempat sesuai dengan peraturan perundang – undangan yang berlaku .

Facebook Comments

0 Komentar

TULIS KOMENTAR

Alamat email anda aman dan tidak akan dipublikasikan.

Dinas Perdagangan Koperasi dan UKM Kabupaten Demak

Dinas Perdagangan Koperasi dan UKM Kabupaten Demak
Pegawai Dindagkop UKM Kab. Demak

BANNER

UMKM Demak Go On LineSILAKOPPemerintah Kabupaten DemakPPID Kabupaten DemkaNomor Induk KoperasiInstagramFacebookTwitter

POLLING

Apakah kendala utama yang dihadapi UMKM?
  Pemasaran
  Pelatihan
  Peralatan Produksi
  Permodalan