Kegiatan Forum Dagang Komoditas Agro Jawa Tengah Kota Pekalongan

Kegiatan Forum Dagang Komoditas Agro Jawa Tengah diselenggarakan di Muria Room Hotel Horison Kota Pekalongan Jawa Tengah pada selasa (23/9/2019). Pasar lelang komoditas agro dibuka oleh ketua penyelenggara Sigit Khomaidi. Dalam pembukaannya beliau menyampaikan pelaku pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) yang mengikuti pasar lelang komoditas agro (PLKA) memasarkan produk secara online atau daring untuk mempermudah transaksi dan menghemat biaya. kegiatan pasar lelang langkah ini bertujuan menekan selisih harga. Sehingga, petani tak dirugikan serta memperpendek mata rantai distribusi barang. “Misi kita agar terjadi keselamatan harga, karena selama ini terjadi ketimpangan harga yang terlalu jauh antara petani ke konsumen. Maka tugas kami adalah mengkomunikasikan dan sebagai perantara dan penjamin proses transaksi tersebut," kata Sigit.

Dalam proses lelang tersebut, sebanyak 30 komiditas agro yang masuk bursa lelang dari berbagai daerah di Provinsi di Jawa Tengah seperti beras, bawang merah, tomat, cabai, kelapa. Ada juga produk olahan lainnya seperti minyak kelapa, kecap, dan keripik. Dari hasil lelang, transaksi mencapai Rp225 juta, yang didominasi oleh komoditas beras.

Dinas Perdagangan Koperasi dan UKM Kab. Demak hadir bersama petani bawang merah, cabai,  dan beras. Pada kegiatan kali ini Demak berhasil mendapat perjanjian kontrak sebanyak 25 ton dari komoditas beras. Hal ini sangat disyukuri oleh para petani karena dengan adanya event semacam ini mampu memasarkan komoditinya secara online dan mampu menembus ke luar Jawa Tengah.

Facebook Comments

0 Komentar

TULIS KOMENTAR

Alamat email anda aman dan tidak akan dipublikasikan.

Dinas Perdagangan Koperasi dan UKM Kabupaten Demak

Dinas Perdagangan Koperasi dan UKM Kabupaten Demak
KEPALA DINDAGKOP UKM KAB. DEMAK

BANNER

UMKM Demak Go On LineSILAKOPPemerintah Kabupaten DemakPPID Kabupaten DemkaNomor Induk KoperasiInstagramFacebookSP4NLAPOR

POLLING

Apakah kendala utama yang dihadapi UMKM?
  Pemasaran
  Pelatihan
  Peralatan Produksi
  Permodalan