Kegiatan Forum Dagang Komoditas Agro Jawa Tengah Di Soropadan Kabupaten  Temanggung

Keterangan Gambar : Kepala Dinas Perdagangan Koperasi Usaha Kecil Dan Menengah Beserta Petani Asal Demak


Kegiatan Soropadan Expo 2019 yang diselenggarakan di Pusat Pelayanan Agro bisnis Petani (PPAP) Soropadan, Magelang, Kamis (4/7/2019). Soropadan Expo 2019 mengangkat tema "Korporasi Petani dan Integrasi Teknologi Informasi Menuju Petani Semakin Sejahtera". Hadir Mentan Amran yang diwakili Direktur Jenderal Hortikultura, Suwandi, beberapa Duta Besar, pelaku usaha pertanian, Forum Koordinasi Pimpinan Provinsi Jateng, penyuluh dan petani. Soropadan Expo 2019 ini diharapankan agar menjadi meeting point berkaitan dengan aspek hulu hingga hilir bisa dipelajari di expo ini. Di aspek hulu yakni belajar tentang teknik budidaya dan teknik menghasilkan komoditas yang berkualiatas. Misalnya, komoditas melon yang ditanam di Pusat Pelayanan Agrobisnis Petani (PPAP) Soropadan, Magelang ternyata cepat matang, maka petani akan belajar terkait teknik yang paling baik dengan menghasilkan kualitas yang paling baik. Kemudian di aspek hilir, belajar cara memasarkan produk pertanian yang dihasilkan petani. bahkan selain kedua aspek ini, petani dan pelaku usaha berkumpul untuk saling bertukar informasi. Bahkan di sini sudah ada lelang komoditas pertanian. Semua proses ini selalu ada dalam setiap kegiatan Soropadan Expo. Nanti juga ada juga pelatihan untuk anak-anak muda agar bisa berdagang komoditas pertanian secara online.

     

Dinas perdagangan koperasi dan ukm kab. Demak hadir bersama petani jambu, kacang hijau, beras c4, cabe  dan bawang merah. Pada kegiatan kali ini demak berhasil mendapat perjanjian kontrak sebesar 1,4 Miliyar Rupiah. Hal ini sangat disyukuri oleh para petani karena dengan adanya event semacam ini mampu memasarkan komoditinya secara online dan mampu menembus ke luar jawa tengah.

Turut hadir menyaksikan pasar lelang agro diantaranya  Staf Ahli Mentan Bidang Pembangunan Infrastruktur Pertanian, Ani Andayani, Gubernur Jateng Ganjar Pranowo, Ketua DPRD Jateng Rukma Setyabudi serta Asisten Ekonomi dan Pembangunan Prijo Anggoro.  ''Tahun ini makin banyak pesertanya, begitu juga komoditas yang dijual atau ditawarkan tentunya sudah terstandar. Dan di Soropadan ini transaksi cukup menggembirakan tercatat totalRp 29,8 miliar.

  

 

Facebook Comments

0 Komentar

TULIS KOMENTAR

Alamat email anda aman dan tidak akan dipublikasikan.

Dinas Perdagangan Koperasi dan UKM Kabupaten Demak

Dinas Perdagangan Koperasi dan UKM Kabupaten Demak
Pegawai Dindagkop UKM Kab. Demak

BANNER

UMKM Demak Go On LineSILAKOPPemerintah Kabupaten DemakPPID Kabupaten DemkaNomor Induk KoperasiInstagramFacebookTwitter

POLLING

Apakah kendala utama yang dihadapi UMKM?
  Pemasaran
  Pelatihan
  Peralatan Produksi
  Permodalan