Kebijakan Teknis Metrologi Legal

Keterangan Gambar : Para Tamu Undangan Dari Perwakilan Masing-Masing Daerah


Di era industri 4.0, untuk memperkuat dan mengoptimalkan peran dalam menyelenggarakan kegiatan metrolgi legal diperlukan adanya harmonisasi kebijakan teknis di bidang metrologi legal.

Untuk maksud tersebut, Kementerian Perdagangan melalui Direktorat Metrologi menyelenggarakan Pertemuan Teknis Kemetrologian dengan mengusung tema “The Sound Of Metrology In The Fourth Of Industrial Revolution”. Kegiatan yang dipusatkan di Hotel Natsepa, Suli, Kabupaten Maluku Tengah diselenggarakan pada tanggal 29 Agustus 2019. Kegiatan dihadiri oleh Direktur Jenderal Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga (PKTN), Veri Anggrijono. Selain Ditjen PKTN, juga dihadiri oleh Kepala Dinas yang membidangi perdagangan. Tak terkecuali Kabupaten Demak, dihadiri oleh Kepala Dinas Perdagangan, Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah Kabupaten Demak (Dra. Siti Zuarin, MM) dan Kepala UPTD Metrologi Legal Kabupaten Demak (M.Ribath, SH, MH).

Dalam pertemuan tersebut, diharapkan perlindungan konsumen dapat dilakukan dengan lebih baik lagi. Yaitu dengan memanfaatkan perkembangan Teknologi Informasi (TI) yang merupakan bagian dari era industri 4.0. Perkembangan Teknologi Informasi (TI) ini dapat dimafaatkan untuk mendukung kemajuan sistem pengendalian metrologi legal. Kementerian Perdagangan melalui Direktorat Metrologi telah membuat digitalisasi beberapa standard operasional dan prosedur pengujian dalam rangka tera/tera ulang yang mudah diakses di media-media sosial. Salah satu pemanfaatan TI di bidang metrologi legal yaitu adanya aplikasi SIMPLE untuk pelayanan secara daring serta penerapan dokumen digital. Dalam hal ini, pemanfaatan TI merupakan sarana penunjang kegiatan pelaksanaan tugas pokok, fungsi dan pelayanan publik Kementerian Perdagangan.

Facebook Comments

0 Komentar

TULIS KOMENTAR

Alamat email anda aman dan tidak akan dipublikasikan.

Dinas Perdagangan Koperasi dan UKM Kabupaten Demak

Dinas Perdagangan Koperasi dan UKM Kabupaten Demak
Pegawai Dindagkop UKM Kab. Demak

BANNER

UMKM Demak Go On LineSILAKOPPemerintah Kabupaten DemakPPID Kabupaten DemkaNomor Induk KoperasiInstagramFacebookTwitter

POLLING

Apakah kendala utama yang dihadapi UMKM?
  Pemasaran
  Pelatihan
  Peralatan Produksi
  Permodalan