Agar Bisa Tetap Berhemat Hingga Lebaran, Coba 4 Tips Hemat Selama Bulan Ramadhan Ini

4 Tips hemat Selama Bulan Ramadhan – Bulan Suci Ramadhan seperti sekarang ini selalu dirayakan dengan penuh suka cita bagi umat Muslim. Seluruh umat Islam di berbagai belahan dunia sedang menjalankan ibadah puasa. Bila kita mengaitkan bulan puasa dengan pengeluaran, sejatinya kita bisa berhemat selama Bulan Ramadhan ini. Contohnya saja untuk kepentingan makan, dari yang biasanya minimal tiga kali sehari, di bulan puasa ini cukup dua kali sehari.

Hanya saja dari pengalaman banyak orang, pengeluaran di bulan puasa ini nyatanya justru melonjak, bahkan Anda mungkin mengalami peningkatan dua kali lipat dari biasanya. Padahal, di Bulan Ramadhan justru menjadi kesempatan bagi Anda untuk berhemat.

Pasalnya, Anda harus mempersiapkan dana untuk mudik mulai dari tiket, bensin, dan sebagainya. Anda juga mungkin perlu memberi THR kepada karyawan atau bagi asisten rumah tangga yang hendak mudik ke kampung halaman. Kue Lebaran pun perlu dipersiapkan. Masih banyak, bukan, pengeluaran yang harus ditanggung hingga Lebaran nanti ? Untuk itu, mari pelajari 4 tips hemat selama Bulan Ramadhan berikut agar Anda bisa lebih terkontrol dalam mengelola keuangan dalam sebulan penuh ini.

  1. Susun Rencana Keuangan Sebulan Penuh

Dari sekarang hingga Lebaran nanti, cobalah susun rencana keuangan Anda selama sebulan penuh. Memang akan ada beberapa perubahan dari rencana keuangan Anda yang sebelum-sebelumnya dibandingkan rencana keuangan di Bulan Ramadhan ini.

  1. Manfaatkan Diskon Selama Bulan Ramadhan

Ada banyak sekali promo diskon yang bisa Anda manfaatkan selama Bulan Ramadhan, mulai dari untuk keperluan dapur, gaya hidup, dan berbagai keperluan rumah tangga lainnya.

Jika bisa saat Anda berbelanja, manfaatkan diskon semaksimal mungkin dan persiapkan segala keperluan untuk sebulan kecuali untuk bahan-bahan organik seperti sayuran dan daging yang memiliki jangka waktu relatif sebentar.

  1. Selektif dalam Mengikuti Acara Buka Bersama (BukBer)

Salah satu yang membuat pengeluaran meroket saat bulan puasa adalah terlalu rutin mengikuti acara Buka Bersama di luar. Memang, acara Buka Bersama menjadi momen yang tepat untuk bertemu dan bersilaturahmi dengan rekan yang sudah lama tidak bertemu.

Hanya saja, demi hemat selama Bulan Ramadhan, Anda harus selektif dalam memutuskan untuk mengikuti acara Buka Bersama yang mana. Bila memang sangat penting untuk dihadiri, Acara Buka Bersama memang penting dan momennya pun tepat, hanya saja mulailah belajar untuk menguranginya. Perbanyak Buka Bersama di rumah, terutama bersama keluarga, karena selain mampu membuat Anda berhemat, Anda pun bisa menghabiskan waktu bersama keluarga Anda.

  1. Atau, Mungkin Anda Bisa Membawa Bekal Dari Rumah

Perjalanan dari kantor ke rumah mungkin menghambat Anda untuk segera berbuka di rumah tepat waktu, dan Anda tentunya menghindari berbuka di rumah. Atau, ada kalanya Anda harus lembur di tempat kerja sehingga mau tidak mau harus berbuka di luar.

Agar Anda bisa menghindari untuk berbuka di restoran, yang pastinya tidak murah harganya, Anda bisa mencoba untuk membawa bekal buka puasa dari rumah. Membawa bekal dari rumah menjadi alternatif yang sangat tepat untuk berbuka di luar selain berbuka di restoran dan tempat makan lainnya, dan pastinya akan membuat Anda bisa berhemat.

Nah, itulah tips hemat selama Bulan Ramadhan yang bisa Anda terapkan dengan mudah mulai dari detik ini juga.

Facebook Comments

0 Komentar

TULIS KOMENTAR

Alamat email anda aman dan tidak akan dipublikasikan.

Dinas Perdagangan Koperasi dan UKM Kabupaten Demak

Dinas Perdagangan Koperasi dan UKM Kabupaten Demak
Pegawai Dindagkop UKM Kab. Demak

BANNER

UMKM Demak Go On LineSILAKOPPemerintah Kabupaten DemakPPID Kabupaten DemkaNomor Induk KoperasiInstagramFacebookTwitter

POLLING

Apakah kendala utama yang dihadapi UMKM?
  Pemasaran
  Pelatihan
  Peralatan Produksi
  Permodalan