7 Tips Aman Berpuasa untuk Lansia Agar Tetap Sehat dan Bugar

Tips aman berpuasa bagi lansia dipengaruhi oleh faktor asupan nutrisi selama Bulan Ramadan. Saat menjalankan ibadah puasa Ramadan, orang tua rentan terkena gizi buruk yang dapat mengakibatkan kelebihan atau kekurangan berat badan. Hal ini dapat membuat otot dan tulang lansia menjadi lemah.

Kondisi tersebut tentu tidak akan terjadi bila orang tua lanjut usia mendapatkan nutrisi yang cukup sehari-harinya. Lansia juga tidak perlu mencemaskan kesehatan fisiknya saat berpuasa Ramadan jika dapat mempertahankan berat badan dan bersemangat setiap hari.

Tips aman berpuasa bagi lansia harus memperhatikan kebutuhan gizi harian. Untuk memenuhi kebutuhan gizi lansia saat puasa, disarankan untuk makan makanan yang kaya serat, vitamin, mineral, dan nutrisi lainnya. Selain itu, batasi pula makanan yang mengandung gula olahan tinggi, lemak, hinga garam.

 

Berikut kami rangkum dari berbagai sumbertentang tips aman berpuasa Ramadan untuk lansia

 

  1. Konsumsi Makanan Bergizi dan Penuhi Kebutuhan Cairan Tubuh

 

Konsumsi Makanan Bergizi

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, tips aman berpuasa untuk lansia yang pertama adalah dengan mengonsumsi makanan bergizi. Mengonsumsi makanan kaya nutrisi dapat membantu orang lanjut usia mendapatkan berbagai nutrisi seperti vitamin, mineral, karbohidrat, protein hingga lemak yang dibutuhkan tubuh.

Hal ini berkaitan dengan seiring bertambahnya usia, kebutuhan kalori orang lanjut usia mungkin akan menurun, sementara kebutuhan nutrisinya tetap sama atau bisa jadi meningkat. Berikut beberapa makanan kaya nutrisi yang dapat dikonsumsi lansia saat puasa:

 

- Sayuran dan buah-buahan

- Susu rendah lemak

- Makanan berprotein tanpa lemak

- Kacang-kacangan dan biji-bijian

Selain itu, tips aman berpuasa untuk lansia juga harus membatasi makanan yang tinggi kalori, namun rendah nutrisi. Misalnya, tidak makan gorengan saat buka puasa dan tidak mengonsumsi makanan dan minuman manis mengandung gula. Dengan memenuhi kebutuhan gizi setiap harinya, orang tua dapat tetap sehat dan bugar saat menjalani ibadah puasa Ramadan.

 

Penuhi Kebutuhan Cairan Tubuh

Tips aman berpuasa untuk lansia berikutnya yang tidak kalah penting adalah memenuhi kebutuhan cairan tubuh. Hal ini biasanya cukup sering disepelekan oleh orang tua. Mereka tidak memperhatikan kondisi tubuh yang haus kekurangan mineral.

Untuk itu, saat orang tua berpuasa, pastikan untuk minum air putih atau cairan sehat lainnya secara cukup. Usahakan juga untuk minum delapan gelas atau 2 liter air setiap harinya. Mineral dan air juga bisa didapatkan dari minuman seperti jus, teh, sup, atau bahkan buah dan sayuran yang mengandung air.

 

 

 

 

 

  1. Makan Makanan Berserat dan Berolahraga

 

Makan Makanan Berserat

Masalah yang kerap kali menyerang lansia, terlebih di bulan puasa adalah masalah pencernaan. Oleh karena itu, orang tua dianjurkan untuk selalu memenuhi kebutuhan serat setiap harinya. Hal ini karena serat pada tubuh sangat dibutuhkan untuk sistem pencernaan yang sehat.

Untuk menghindari sembelit dan masalah pencernaan lainnya, sajikan makanan kaya serat pada setiap makanan sahur dan berbuka. Selain itu, serat larut sangat penting untuk menjaga kadar kolesterol sehat bagi para orangtua. Contohnya, orang tua bisa mengonsumsi bubur gandum, kacang-kacangan dan buah selama waktu sahur.

 

Berolahraga Secukupnya

Tips aman berpuasa untuk lansia berikutnya adalah tetap berolahraga, namun jangan berlebihan. Olahraga tentunya sangat penting bagi orang lanjut usia.

Namun, perhatikan olahraga yang akan dilakukan. Selalu lakukan olahraga yang ringan dan tidak berlebihan agar mencegah kelelahan saat berpuasa. Misalnya, jogging, jalan kaki atau meditasi. Selain itu, selalu penuhi asupan cairan tubuh agar tidak terserang dehidrasi.

 

Istirahat yang Teratur

Istirahat dengan teratur atau tidur yang cukup juga merupakan salah satu tips aman berpuasa untuk lansia. Lansia memerlukan porsi tidur dan beristirahat yang lebih banyak dibandingkan mereka yang masih muda dan remaja. Karena itu, penting bagi para lansia untuk mendapatkan tidur cukup dan berkualitas, setidaknya 8 – 9 jam dalam sehari.

 

Tetap Bersosialisasi

Tips aman berpuasa untuk lansia berikutnya adalah dengan tetap bersosialisasi. Selain memenuhi kebutuhan fisik, kebutuhan dan kebahagian mental saat orangtua puasa juga harus dipenuhi. Hal ini tentunya untuk menghindari stres dan masalah kesehatan lainnya menyerang.

Melakukan interaksi sosial dengan sahur atau buka bersama bersama kerabat, ngabuburit bersama teman-teman lanjut usia, dan kegiatan lain yang bersifat sosialisasi akan sangat membantu lansia dalam berpuasa.

Dengan adanya interaksi sosial, orang tua dapat menjalankan ibadah puasa Ramadan dengan lancar dan tetap segar bugar.

Facebook Comments

0 Komentar

TULIS KOMENTAR

Alamat email anda aman dan tidak akan dipublikasikan.

Dinas Perdagangan Koperasi dan UKM Kabupaten Demak

Dinas Perdagangan Koperasi dan UKM Kabupaten Demak
Pegawai Dindagkop UKM Kab. Demak

BANNER

UMKM Demak Go On LineSILAKOPPemerintah Kabupaten DemakPPID Kabupaten DemkaNomor Induk KoperasiInstagramFacebookTwitter

POLLING

Apakah kendala utama yang dihadapi UMKM?
  Pemasaran
  Pelatihan
  Peralatan Produksi
  Permodalan