6 Tips Mengkhatamkan Al-Quran Selama Puasa, Raih Keutamaan Bulan Ramadhan

Ramadhan adalah bulan yang penuh berkah. Sebagai seorang Muslim, bertemu dengan bulan Ramadhan adalah hal yang istimewa. Di bulan inilah para umat Islam berlomba-lomba mengerjakan kebaikan karena keutamaannya yang luar biasa.

Setiap amal baik yang kita kerjakan akan dilipat gandakan pahalanya oleh Allah SWT. Begitu juga dengan membaca Al-Quran. Salah satu ibadah wajib bagi umat Muslim ini merupakan sumber pahala yang bisa dengan mudah dilakukan. “Rasulullah bersabda: Siapa yang membaca satu huruf dari Al Quran maka baginya satu kebaikan dengan bacaan tersebut, satu kebaikan dilipatkan menjadi 10 kebaikan semisalnya dan aku tidak mengatakan “alif lam mim” satu huruf akan tetapi Alif satu huruf, Laam satu huruf dan Miim satu huruf.” (HR. Tirmidzi). Banyak orang yang menjadikan Ramadhan sebagai momen untuk banyak membaca Al-Quran, bahkan menargetkan untuk sampai mengkhatamkannya. Mengkhatamkan Al-Quran di bulan Ramadhan memang bukanlah perkara wajib. Namun, umat Muslim dianjurkan untuk banyak membaca Al-Quran pada bulan berkah ini.

Lalu bagaimana caranya agar selama 30 hari ini kita bisa selesai membaca Al-Quran? Dilansir dari berbagai sumber, berikut tips mengkhatamkan Al-Quran selama Ramadhan.

  1. Membangun Niat

Tips mengkhatamkan Al-Quran yang pertama dengan membangun niat. Membangun niat adalah langkah awal dari setiap perbuatan baik yang hendak kita lakukan. Kalau sudah ada niat yang kuat, kita memiliki motivasi dalam diri sendiri sehingga dalam mengerjakannya pun menjadi semakin ringan. Namun, seiring berjalannya waktu, niat harus terus diperbarui. Karena niat bisa saja pudar, ditambah godaan setan untuk menghasut kita menjadikan kita kembali malas dan sulit untuk memulainya kembali. Niatkan diri Anda untuk khatam Al-Quran dengan semata-mata hanya untuk mencari ridha Allah SWT. Yakin pada diri sendiri bahwa anda bisa mengkhatamkan Al-Quran dalam waktu satu bulan.

  1. Rencanakan Waktu Membaca

Tips mengkhatamkan Al-Quran yang kedua dengan mengatur waktu agar dapat membaca Al-Quran. Meskipun sibuk dengan urusan pekerjaan atau urusan lainnya, sempatkan diri untuk membuka Al-Quran dan membacanya. Anda bisa meniatkan untuk membaca Al-Quran setiap selesai melakukan sholat lima waktu. Anda juga bisa membaca Al-Quran di waktu-waktu ketika menunggu berbuka, sebelum sahur, dan setelah sahur adalah waktu yang baik untuk membaca Al-Quran. Jika Anda juga terbiasa melakukan sholat sunnah dhuha, Anda bisa menyempatkan diri untuk membaca Al-Quran setelah sholat dhuha. Tidak perlu lama-lama, cukup 5-10 menit saja. Melalui cara ini, ada kemungkinan besar Anda dapat menyelesaikan 1 juz setiap harinya.

  1. 1 Juz 1 Hari

Tips mengkhatamkan Al-Quran yang ketiga yaitu usahakan untuk menyelesaikan 1 juz setiap harinya. Anda bisa mencoba cara yang sudah disebutkan sebelumnya agar terpenuhi 30 juz dalam waktu 1 bulan. Jika Anda memiliki banyak waktu luang, Anda bisa membaca Al-Quran sedikit lebih lama dari biasanya. Jika biasanya Anda mendapatkan 2-3 lembar, Anda bisa meningkatkannya menjadi 5 lembar.

  1. Al-Quran Saku atau Aplikasi Al-Quran di Ponsel

Tips mengkhatamkan Al-Quran yang keempat dengan membawa Al-Quran saku atau mengunduh aplikasi Al-Quran di ponsel anda. Ketika Anda sedang berada di luar rumah, atau sedang dalam perjalanan, Anda bisa membeli Al-Quran saku untuk dibawa bepergian. Hal ini akan membuat Anda tidak takut untuk kehilangan waktu untuk membaca Al-Quran. Mengingat di era ini semuanya serba modern dan semua orang memiliki gadget, Anda juga bisa mengunduh aplikasi Al-Quran di ponsel. Cara ini tergolong lebih praktis, karena hampir setiap orang memiliki dan selalu membawa ponsel mereka ke manapun. Jika sudah begini, Anda bisa membaca Al-Quran di mana saja dan kapan saja tanpa perlu kesulitan membawa kitab Al-Quran yang besar.

  1. Pahami Al-Quran

Tips mengkhatamkan Al-Quran yang kelima dengan memahami Al-Quran. Jika Anda memiliki waktu lebih, gunakan waktu tersebut untuk membaca arti dari ayat yang telah Anda baca.

Selain Anda dapat mengerti isi dari ayat tersebut, Anda akan dapat memahami isi dari Al-Quran. Anda juga akan mendapatkan banyak pelajaran-pelajaran berharga dari membaca arti Al-Quran. Baca dengan khusyu’ setiap ayat dan arti dari Al-Quran, dan Anda akan merasakan kecilnya anda di hadapan kalimat Allah SWT tersebut. Hal ini akan menimbulkan rasa cinta anda kepada Al-Quran dan ingin terus membacanya.

  1. Tadarus Bersama

Tips mengkhatamkan Al-Quran yang keenam dengan tadarus bersama. Carilah teman atau saudara anda yang juga memiliki target yang sama dengan Anda. Mereka dapat menjadi teman rohani yang akan menemani Anda membaca Al-Quran. Dengan adanya orang lain yang memiliki tujuan yang sama akan memudahkan kita dalam mengkhatamkan Al-Quran. Mereka bisa menjadi sumber niat dan motivasi kita dengan mengingatkan kita ketika kita mulai merasa malas.

 

 

Facebook Comments

0 Komentar

TULIS KOMENTAR

Alamat email anda aman dan tidak akan dipublikasikan.

Dinas Perdagangan Koperasi dan UKM Kabupaten Demak

Dinas Perdagangan Koperasi dan UKM Kabupaten Demak
Pegawai Dindagkop UKM Kab. Demak

BANNER

UMKM Demak Go On LineSILAKOPPemerintah Kabupaten DemakPPID Kabupaten DemkaNomor Induk KoperasiInstagramFacebookTwitter

POLLING

Apakah kendala utama yang dihadapi UMKM?
  Pemasaran
  Pelatihan
  Peralatan Produksi
  Permodalan