5 Tips Bersilaturahmi di Bulan Ramadan saat Pandemi Corona Covid-19

Tips bersilaturahmi di bulan Ramadan saat pandemi Corona Covid-19 ini bertujuan agar kesehatan kita selalu terjaga selama adanya pandemi ini. Selain itu, walaupun diberlakukannya kebijakan physical distancing, hubungan silaturahmi antar umat muslim diharapkan dapat selalu terjaga dengan mengikuti tips bersilaturahmi di bulan Ramadan saat pandemi Corona Covid-19 ini.

Pada saat bulan Ramadan, umat muslim memang diwajibkan untuk menjaga hubungan silaturahmi dengan sesama. Namun, dengan adanya pandemi virus Corona Covid-19 ini, dalam menjaga silaturahmi tersebut harus melalui cara yang sedikit berbeda. Itulah mengapa, dengan menyimak dan memahami tips bersilaturahmi di bulan Ramadan saat pandemi Corona Covid-19 ini, akan mempermudah Anda dalam menjaga tali silaturahmi tersebut.

Berbagai tips bersilaturahmi di bulan Ramadan saat pandemi Corona Covid-19 yang dibahas pada artikel ini cukup mudah dilakukan. Selain itu, tips bersilaturahmi di bulan Ramadan saat pandemi corona covid-19 ini merupakan pengembangan dari pemanfaatan teknologi yang ada.

Mungkin ada sebagian dari Anda yang masih kurang terbiasa dalam mengikuti tips bersilaturahmi di bulan Ramadan saat pandemi Corona Covid-19. Ya, memang merubah kebiasaan bukan hal yang mudah. Bahkan, untuk menjaga jarak dan untuk tidak bersalaman dengan orang lain masih menjadi hal yang sulit juga bukan?

Jadi kami telah merangkumkan bagi Anda tips bersilaturahmi di bulan Ramadan saat pandemi Corona Covid-19 yang mudah dan dapat membantu Anda dalam menjaga hubungan silaturahmi antar umat muslim

1. Mengirim ucapan melalui media sosial

Salah satu cara termudah dalam menjaga silaturahmi saat pandemi Corona Covid-19 yang pertama adalah dengan mengirim ucapan selamat berpuasa dan segala hal yang berhubungan dengan bulan Ramadan melalui media sosial, baik itu WhatsApp, Line, Instagram, dan lain sebagainya.

Mengirim ucapan melalui media sosial bisa dikatakan merupakan cara bersilaturahmi jarak jauh yang paling efektif. Mengingat, semua orang memang telah menggunakan media sosial untuk kegiatan berkomunikasi di kehidupan sehari-hari. Namun, jika kondisi daerah Anda atau kerabat Anda masih tidak memungkinkan dalam peroleh sinyal, maka Anda dapat menggunakan telepon pulsa untuk berkomunikasi.

 

2. Berkirim parsel Ramadan

Mungkin berkirim parsel sudah biasa dilakukan saat Ramadan di hari-hari sebelum adanya pandemi. Nah, dengan melanjutkan kegiatan ini, setidaknya Anda dapat tetap memperkuat silaturahmi bagi orang-orang terdekat Anda yang mungkin saat ini harus terpisah jarak karena virus Corona Covid-19.

Hingga sekarang jasa pengiriman barang masih banyak yang beroperasi, dan Anda bisa memanfaatkan layanan tersebut untuk mengirim parsel. Jangan lupa, berikan sepucuk surat atau kartu ucapan yang berisi kata-kata penyemangat dan doa yang baik bagi si penerima parsel.

 

3. Buka bersama online

Saat ini telah banyak teknologi video conference yang bisa memuat banyak orang dalam satu waktu. Dengan memanfaatkan teknologi ini, maka setidaknya dapat mengobati rasa rindu terhadap sanak saudara atau teman karena adanya pembatasan keramaian saat diluar rumah.

Berbicara tentang buka bersama, memang tidak lepas dari tradisi yang umum dilakukan semua kalangan saat bulan puasa. Namun, hal tersebut tidak mungkin dilakukan untuk saat ini, karena dengan berkumpul dalam satu tempat yang banyak orang, maka daapat meningkatkan risiko terkena virus Corona Covid-19.

 

Seperti yang sempat disinggung sebelumnya, pemanfaatan aplikasi dan platform video conference yang ada sekarang, dapat jadikan saran untuk mengadakan buka bersama, namun tetap secara online. Jenis platform tersebut antara lain seperti Google Meet, Zoom, Google Hangout, dan lain sebagainya.

 

4. Jaga jarak saat bertemu

Hal ini wajib dilakukan, terutama jika memang Anda harus bertemu dengan orang lain. Bukan tanpa sebab, namun ini merupakan tindakan pencegahan dari penyebaran virus Corona Covid-19. Aturan jaga jarak atau yang disebut physical distancing ini dilakukan dengan memberi jarak minimal 1 hingga 2 meter, hal ini agar tidak adanya sentuhan tidak sengaja dengan orang lain.

Selain itu, dengan menjaga jarak, maka dapat menghindarkan Anda dari terkena percikan ludah yang berasal dari orang lain. Itulah mengapa, gunakan selalu masker juga demi keselamatan Anda. Setelah dari luar ruangan jangan lupa untuk mencuci seluruh baju, dan mandi hingga bersih.

5. Donasi dan kegiatan amal online

Agar dalam bulan puasa ini amal ibadah kita semakin lengkap, maka tidak ada salahnya kita menggalang donasi bagi orang yang membutuhkan. Saat ini telah banyak platform online resmi yang dapat membantu Anda beserta keluarga untuk berdonasi secara online.

Mengapa harus online? Karena hal ini dilakukan agar tidak perlu adanya interaksi terlalu banyak antar manusia di ruang terbuka umum. Karena seperti tujuan awal kita pada artikel ini, bagaimana menjalin silaturahmi antar umat muslim saat pandemi.

Lalu dimana letak silaturahminya? Saat sekelompok orang memiliki tujuan yang sama, maka akan timbul rasa saling memiliki satu sama lain. Rasa memiliki ini akan memperkuat hubungan antar manusia tersebut. Dan jika hal ini diterapkan pada keluarga, maka selain menjadi amalan yang baik, bisa dijadikan ajang bersilaturahmi satu dengan lainnya.

Facebook Comments

0 Komentar

TULIS KOMENTAR

Alamat email anda aman dan tidak akan dipublikasikan.

Dinas Perdagangan Koperasi dan UKM Kabupaten Demak

Dinas Perdagangan Koperasi dan UKM Kabupaten Demak
KEPALA DINDAGKOP UKM KAB. DEMAK

BANNER

UMKM Demak Go On LineSILAKOPPemerintah Kabupaten DemakPPID Kabupaten DemkaNomor Induk KoperasiInstagramFacebookSP4NLAPOR

POLLING

Apakah kendala utama yang dihadapi UMKM?
  Pemasaran
  Pelatihan
  Peralatan Produksi
  Permodalan